Apa Itu Mysql?

Cari Artikelmu | Apa Itu Mysql? 



Dalam dunia pemrograman atau perogram komputer, memiliki struktur data yang harus disimpan sesuai struktur, mengeksekusi, dan mengontrol sebuah data. Solusinya menggunakan Mysql.

Pertanyaannya, Apa itu Mysql?

MySQL merupakan software database open source yang paling populer di dunia, dimana saat ini digunakan lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia. Dengan kehandalan, kecepatan dan kemudahan penggunaannya.

MySQL menjadi pilihan utama bagi banyak pengembang software dan aplikasi baik di platform web maupun desktop. Pengguna Mysql tidak hanya pengguna perseorangan maupun perusahaan kecil, Namun digunakan juga oleh Google, Yahoo, Facebook juga pengguna Mysql. Karena sudah pasti perusahaan raksasa tersebut menggunakan basisdata untuk data-data yang harus di kelolah.

Sejarah Singkat Mysql

MySQL pertama kali dibuat dan dikembangkan di Swedia, yaitu oleh David Axmark, Allan Larsson dan Michael "Monty" Widenius. Mereka mengembangkan MySQL sejak tahun 1980‐an. Saat ini versi MySQL yang sudah stabil mencapai versi 5x, dan sedang dikembangkan versi 6x. Untuk lebih lengkapnya dapat dilihat di situs resmi MySQL1.

Kegunaan Mysql

Dalam sebuah komputer tentu memerlukan basisdata untuk media penyimpanan data tersebut. Nah, Ketika kita ingin mengeksekusi, mengelolah suatu data pada komputer kita memerlukan bahasa program yaitu SQL, merupakan sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses database.

Adapun beberapa istilah bahasa Mysql yang digunakan untuk mengakses sebuah basisdata, seperti:

1. Create, Digunakan untuk membuat Database Baru.
2. Insert, Digunakan untuk memasukkan sebuah Data ke database.
3. Rename, Mengganti Nama Database.
4. Delete, Menghapus sebuah Data.

MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL(bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis di bawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.

Tidak seperti PHP atau Apache yang merupakan software yang dikembangkan oleh komunitas umum, dan hak cipta untuk kode sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing, MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah
perusahaan komersial Swedia yaitu MySQL AB. MySQL AB memegang penuh hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah: David Axmark, Allan Larsson, dan Michael "Monty" Widenius.

Fitur-fitur MySQL antara lain :
  • Relational Database System. Seperti halnya software database lain yang ada di pasaran, MySQL termasuk RDBMS.
  • Arsitektur Client-Server. MySQL memiliki arsitektur client-server dimana server database MySQL terinstal di server. Client MySQL dapat berada dikomputer yang sama dengan server, dan dapat juga di komputer lain yang berkomunikasi dengan server melalui jaringan bahkan internet.
  • Mengenal perintah SQL standar. SQL (Structured Query Language) merupakan suatu bahasa standar yang berlaku di hampir semua software database. MySQL mendukung SQL versi SQL:2003.
  • Mendukung Sub Select. Mulai versi 4.1 MySQL telah mendukung select
  • dalam select (sub select).
  • Mendukung Views. MySQL mendukung views sejak versi 5.0
  • Mendukung Stored Prosedured (SP). MySQL mendukung SP sejak versi 5.0
  • Mendukung Triggers. MySQL mendukung trigger pada versi 5.0 namun masih terbatas. Pengembang MySQL berjanji akan meningkatkan kemampuan trigger pada versi 5.1.
  • Mendukung replication.
  • Mendukung transaksi.
  • Mendukung foreign key.
  • Tersedia fungsi GIS.
  • Free (bebas didownload)
  • Stabil dan tangguh
  • Fleksibel dengan berbagai pemrograman
  • Security yang baik
  • Dukungan dari banyak komunitas
  • Perkembangan software yang cukup cepat.
Keuntungan Mysql

1. Struktur tabel. MySQL memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE, dibandingkan basis data lainnya semacam PostgreSQL ataupun Oracle.

2. Perangkat lunak sumber terbuka. MySQL didistribusikan sebagai perangkat lunak sumber terbuka, dibawah lisensi GPL sehingga dapat digunakan secara gratis.

3. Perintah dan Fungsi. MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah Select dan Where dalam perintah (query).

4. Performance tuning, MySQL memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana, dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.

5. Antar Muka. MySQL memiliki antar muka (interface) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application Programming Interface).

6. Multi-user. MySQL dapat digunakan oleh beberapa pengguna dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.

7. Keamanan. MySQL memiliki beberapa lapisan keamanan seperti level subnetmask, nama host, dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail serta sandi terenkripsi.

8. Skalabilitas dan Pembatasan. MySQL mampu menangani basis data dalam skala besar, dengan jumlah rekaman (records) lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 miliar baris. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya.

9. Konektivitas. MySQL dapat melakukan koneksi dengan klien menggunakan protokol TCP/IP, Unix soket (UNIX), atau Named Pipes (NT).

10. Lokalisasi. MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan pada klien dengan menggunakan lebih dari dua puluh bahasa. Meski pun demikian, bahasa Indonesia belum termasuk di dalamnya.

11. Ragam tipe data. MySQL memiliki ragam tipe data yang sangat kaya, seperti signed / unsigned integer, float, double, char, text, date, timestamp, dan lain-lain.

12. Klien dan Peralatan. MySQL dilengkapi dengan berbagai peralatan (tool) yang dapat digunakan untuk administrasi basis data, dan pada setiap peralatan yang ada disertakan petunjuk online.

13. Portabilitas. MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X Server, Solaris, Amiga, dan masih banyak lagi.


Kelebihan Dan Kekurangan Mysql

- Kelebihan, Yaitu
1. Mempunyai lisensi GPL dan Multiplatform.
2. Mendukung ODBC, sehingga dapat digunakan meskipun di windows aplikasi berjalan.
3. Dapat mendeteksi kesalahan dengan sebuah pesan, lebih dari 20 bahasa pesan.
4. Meskipun Hardware komputer. rendah tetaplah bisa digunakan.

- Kekurangan, Yaitu
1. Sedikit komputer yang support atau mendukung untuk pemrograman Visual, sehinggan sedikit yang menggunakan untuk keperluan Visual.
2. Lisensi yang GPL mempersulit untuk Update masalah serius.
3. Sangat diragukan menangani data berskala besar.

Nah, Itulah ulasan tentang Apa Itu Mysql?. Moga Bermanfaat...

Post a Comment

0 Comments