Inilah Dia Pelaku Utama Foto Selfie

Cari Artikelmu | Inilah Dia Pelaku Utama Foto Selfie


Saat ini kegiatan Selfie sudah menjadi kebiasaan setiap orang yang punya hobi Selfie, Baik itu menggunakan kamera, kamera hp. Tapi, pernahkah anda bertanya-tanya bahwa siapa orang yang pertama melakukan selfie? nah, kali ini saya akan menulis tentang Siapa Pelaku Utama Foto Selfie.


Inilah Dia Pelaku Utama Foto Selfie

Sebut saja namanya Robert Cornelius yang pada saat itu berada di toko pelat perak milik ayahnya di Philadelphia, Amerika Serikat. Selain membantu di toko, ia juga mulai belajar mendalami usaha itu. Namun, saat toko tidak ramai dengan pengunjung, Cornelius sempat mencuri waktu untuk mendalami hobi fotografi. Beberapa objek di sekitarnya menjadi sasaran bidik pemotretan.

Siang hari, Cornelius punya sasaran bidik baru untuk lensa kameranya. Dia berpose di depan kamera yang sudah dia atur untuk otomatis memotret. Pada hari itu, Cornelius melakukan selfie.

Aktivitas foto diri tidak akan aneh bila terjadi pada hari itu. Aksi Cornelius menjadi berbeda karena foto diri itu dia ambil pada 1839.

Sudah betul bahwa Cornelius adalah orang pertama yang tercatat sejarah melakukan foto diri, jauh sebelum diksi selfie mencuat dan fenomenal di seluruh dunia.

Selfie pada Saat itu tak Segampang Saat ini

Di Jaman sekarang kita tinggal menghadapkan ponsel berkamera depan ke muka sendiri untuk melakukan selfie, tidak demikian kejadiannya dengan Cornelius. Saat itu, teknologi kamera belum semaju sekarang, boro-boro ada ponsel berkamera.

Untuk membuat foto diri tersebut, Cornelius membuat remote pengendali yang dapat membuat kameranya merekam foto selama 15 menit setelah tombol shutter ditekan.

Menggunakan penerangan seadanya yang juga baru dia buat sebelum pemotretan ia bertaruh dengan dirinya sendiri soal gambar yang akan muncul.



Beruntung, uji coba pemotretan diri sendiri itu menghasilkan cetakan foto sesuai harapannya. Selembar foto berwarna sephia jelas menampilkan sosok Cornelius yang berdiri menyilangkan tangan di depan dada dengan rambut sedikit kusut.

Setelah Puas dengan hasil tersebut, Cornelius membuat penanda di balik selembar foto itu. Ia menuliskan, “The first light picture ever taken:1839”, yang terjemahan bebasnya adalah “Foto terang pertama, diambil pada: 1839”.

Kini, foto diri Cornelius dipajang di perpustakaan terbesar dunia, Library of Congress, di Washington DC, Amerika Serikat.

Selfie Jaman Sekarang Tinggal pakai Lambaian

Semua orang boleh saja, mengatakan bahwa aksi dan karya Cornelius itu hanya disebut sebagai usaha amatiran pembelajaran seni fotografi. Namun, bisa juga, inilah cikal bakal fenomena selfie atau asal lahir selfie yang sekarang marak di dunia.

Bahkan, bukan tidak mustahil, ide Cornelius merupakan pemicu lahirnya teknologi penyetelan pemotretan otomatis yang sekarang ada nyaris di setiap jenis kamera, termasuk ponsel berkamera untuk selfie.

Bayangkan saja, dulu Cornelius harus sigap memasang platina foto di depan lensa kamera, kemudian cepat berlari untuk berpose di depan kamera itu. Ribet bangetkan? Sangat beda dengan sekarang, semua ide Cornelius terwadahi dengan gampang, cukup setel mode pemotretan otomatis, berpose, dan cepret, foto diri sudah jadi.

“(Kini), setiap hari ada 93 juta foto selfie yang diambil dari 1 miliar telepon seluler dengan sistem operasi Android,” ujar Wakil Presiden Senior di Google, Sundar Pichai, tentang maraknya fenomena selfie di dunia.



Fenomena selfie ini membawa pula banyak pengaruh ke pergembangan teknologi turunan. Misalnya, kehadiran tongkat narsis (tongsis) yang dapat dijadikan alat “memperpanjang tangan” untuk berfoto. Perusahaan ponsel pun terpacu berlomba mengakomodasi kebutuhan foto diri ini.

Sekarang, kebutuhan potret diri bahkan cukup menggunakan isyarat tangan, kedipan mata, atau mode pengaturan otomatis untuk proses pengambilannya. Aba-aba tangan yang tertangkap sensor kamera depan ponsel sekarang sudah bisa mengaktifkan timer hitung mundur pemotretan.

Saat ini, selfie tak perlu sesusah payah Cornelius yang harus sigap berpose dan menunggu 15 menit untuk mendapatkan foto diri maksimal. Sekarang tinggal bermodalkan ponsel kamera Smartphone saat yang canggih-canggih dengan kualitas selfie akan dihasilkan dari resolusi 8 megapiksel dan sensor cahaya otomatis di kamera depannya, sekalipun foto diambil di lokasi minim cahaya.

Nah, itulah Inovasi Cornelius dan sebagai orang pertama melakukan foto selfie dirinya sendiri. Inovasi kalian apa? :)

Post a Comment

0 Comments