Cara Membuat Tabel Mahasiswa Menggunakan Command Prompt

Cari Artikelmu | Cara Membuat Tabel Mahasiswa Menggunakan Command Prompt


Hai, sobat Cari Artikelmu! Pada postingan kali berhubung dengan tugas kuliah saya, tak ada salahnya kalau saya menulis artikel tentang Cara Membuat Tabel menggunakan Command Prompt. Tapi, sebelum kita ke langkah-langkahnya saya akan menjelaskan apa itu Command Prompt (Cmd).

Apa Itu Command Prompt?

Cmd adalah baris perintah penerjemah pada OS/2, Windows CE dan Windows NT berbasis sistem operasi (termasuk Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows Server 2003 dan Windows Server 2008). Ini merupakan analog dari COMMAND.COM dalam MS-DOS dan sistem Windows 9x atau dari Unix shell yang digunakan pada sistem Unix-like.

Command Prompt atau Cmd.exe adalah Command-Line Interpreter yang disediakan Microsoft pada OS/2 dan Windows NT-Based seperti Windows Vista, Windows Xp, Windows 8 dan Hampir di semua windows.

Kegunaan Command Prompt

Command Prompt juga memiliki kegunaan sebagai berikut:

1. Mengeksekusi sebuah perintah pada windows dengan cepat, selain lebih cepat cmd juga ringan dibanding dengan windows Explorer yang di gunakan untuk mengeksekusi sebuah data atau file tertentu.

2. Menggunakan Command Line pada cmd akan membuat kita terbiasa dengan Server Core yang menggunakan Os berbasis text.

3. memuadahkan membuat sebuah tabel seperti judul postingan kali ini dengan menggunakan bahasa program mysql, seperti halnya membuat tabel di microsoft excel, word dan lainnya.

4. Melakukan perintah untuk memperbaiki Om Boot, Simpan Struktur file, mendeteksi perubahan registry pada laptop dan masih banyak kegunaan lainnya.

Nah, itulah  kira-kira penjelasan dan kegunaan Command Prompt, Berikut ini Langkah-langkah Membuat Tabel Mahasiswa Menggunakan Command Prompt:

Langkah-langkah Membuat Table Mahasiswa di Command Prompt( XAMPP Terinstall
1. Membuka Command Prompt dengan Windows+R
2. Ketik cmd dan "ENTER"
3. Pada halaman awal Command Prompt Ketikkan :
C:\Komputer\cd\xampp
xampp\cd mysql
mysql\cd bin
bin\mysql -u root

Maka, akan muncul jendela seperti ini


4. Selanjutnya, membuat Database: mysql> create database Mahasiswa

Lanjut

mysql>use MAHASISWA;



5. langkah ke lima yaitu membuat tabelnya :mysql> create table Mahasiswa_Elektro(NIM varchar(10) primary key, NAMA varchar(30), ALAMAT varchar(50), KELAS char(15));


6. Memasukkan sebuah data atau insert data yang akan di tampilkan:mysql>insert into `MAHASISWA`.`mahasiswa_elektro`(`NIM`, `NAMA`, `ALAMAT`, `KELAS`)values('1320221030', 'Busran', 'Maros Baru', 'Informatika'), ('1320221031', 'Karina Ayuningtyas', 'Jl. Pemuda', 'informatika'), ('1320221032', 'Ahmad Abidin', 'Jl. Pemuda', 'informatika'), ('1320221033', 'Muhammad Nur', 'Jl. Yosudarso', 'informatika'), ('1320221034', 'Ismail Saleh', 'Jl. Panglima Batur', 'informatika'), ('1320221035', 'Muhammad Daryono', 'Jl. K. Tendean', 'informatika'), ('1320221036', 'Agus Purwanto', 'Jl. H. Isa 3', 'telekomunikasi'), ('1320221037', 'Inthan', 'Jl. H. Isa 2', 'informatika'), ('1320221038', 'Rosi Athelina', 'Jl. H. Isa 1', 'telekomunikasi'), ('1320221039', 'Muly Cie Mumuy', 'Jl. Milono', 'informatika');


7. Sampai disini tabel sudah jadi, untuk memanggillnya ketikkan:mysql> select * from Mahasiswa_Elektro;

Nah, Sampai disini Tabel Mahasiswa sudah jadi. Mudah bukan!!!

Cara diatas adalah cara berdasarkan pengalaman, yaitu membuat tabel di cmd tapi sebenarnya cara diatas perlu kita ketahui bahwa harus ada pemahaman tentang pengetahuan bahasa pemrograman SQL. Jadi, kalau anda memang paham dengan bahasa pemrograman tersebut pastilah akan sangat lebih mudah membuat tabelnya.

OK, cukup sekian untuk Tutorial Cara Membuat Tabel Mahasiswa Menggunakan Command Prompt. Kritik dan saran anda yang membangun akan mendobrak saya untuk menulis dan memposting ilmu-ilmu yang bermanfaat.. terima kasih.

Post a Comment

2 Comments

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)