Semua Tentang CSS

Cari Artikelmu | Semua Tentang CSS
 

Tahukah anda apa itu sih CSS? Nah, bagi anda yang belum tahu apa itu CSS, disini kita akan membahas tentang apa itu CSS, Sejarah CSS, Fungsi CSS dan semua tentang CSS.

Menurut saya sendiri Css itu adalah sebuah kode-kode yang di gunakan untuk membuat tampilan suatu situs web sesuai keinginan kita yang akan mempercantik dan memperindah halaman website kita.

Nah, Tahukah anda apa itu CSS?
CSS adalah adalah satu dari beragam bahasa pemrograman yang gunanya untuk mengatur suatu komponen yang ada pada situs website ataupun blog.


CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheets. Kalau baca di kamus, cascading itu artinya air terjun. Tapi dalam hal ini, yang di maksud adalah, aliran dari suatu kode ke kode lain yang saling berhubungan. Jadi kalau di tulis lengkap dalam bahasa Indonesia kira-kira arti CSS adalah: kumpulan kode-kode yang berurutan dan saling berhubungan untuk mengatur format / tampilan suatu halaman HTML.

Pengertian CSS dan Fungsi CSS

Cascading Style Sheet (CSS) adalah salah satu bahasa pemrograman web yang digunakan untuk mempercantik halaman web dan mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. CSS dapat kita gunakan dalam mengendalikan ukuran gambar, warna teks, warna tabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouse over, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri, kanan, atas, bawah, dan parameter lainnya. CSS bisa juga diartikan sebagai bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen. Dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda.

Sejarah CSS

Nama CSS didapat dari fakta bahwa setiap deklarasi style yang berbeda dapat diletakkan secara berurutan, yang kemudian membentuk suatu hubungan layaknya hubungan ayah-anak (parent-child) pada setiap style. CSS sendiri merupakan sebuah teknologi internet yang direkomendasikan oleh World Wide Web Consortium atau W3C pada tahun 1996. Setelah CSS distandarisasikan, Internet Explorer dan Netscape melepas browser terbaru mereka yang telah sesuai atau paling tidak hampir mendekati dengan standar CSS.

Kelebihan dan Kekurangan CSS

Kelebihan CSS:
- CSS lebih praktis karena untuk mengganti font halaman cukup merubah satu baris saja.
- Mempunyai sesuatu yang HTML tidak dapat melakukannya.
- Desain kita akan menjadi Efisien menggunakan CSS.
- Memisahkan konten dengan halaman WEB.
- File dengan Eksistensi CSS lebih ringan.
- Satu CSS banyak di gunakan halaman web lainnya.

Kekurangan CSS:

Tidak semua browser mengartikan kode CSS dengan cara yang sama. Jadi kadang-kadang, tampilan web dengan CSS terlihat baik di browser yang satu, tapi berantakan di browser yang lain. Jadi anda harus memeriksa tampilan supaya terlihat baik di semua browser dan menambahkan kode-kode khusus browser tertentu jika memang dibutuhkan agar tampilan web anda terlihat baik di semua browser.

Struktur Penulisan CSS

Selector { Property: Value; }

Keterangan :
- Selector : Digunakan untuk menentukan elemen yang akan di atur.

Jadi, seperti itulah CSS. Untuk anda yang ingin lebih dalam mempelajari Web, maka anda harus mendalami yang namanya CSS atau tau lah dengan CSS dan cara pengaplikasiannya. ok, sekian saja untuk artikel berjudul Semua Tentang CSS, kritik dan saran yang membangun akan mendobrak saya sebagai admin blog ini untuk lebih giat lagi menulis..

Post a Comment

0 Comments