Berhenti!! Nge-Cherge Smartphone Seperti Ini

Cari Artikelmu | Berhenti!! Nge-Cherge Smartphone Seperti Ini


Postingan kali ini terkait masalah baterai smartphone, yaitu Berhenti Nge-Cherge Smartphone Seperti Ini.

Jaman sekarang handphone sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia dan tak dipungkiri karena kepintaran smartphone tersebut-lah yang membuat manusia merasa hampa tanpa smartphone, hal ini terjadi pada orang yang tinggal dikota, beda yang di pelosok desa yang belum terlalu terpengaruh dengan kecanggian teknologi handphone pintar.

Smartphone yang memiliki "Kepintaran" melimpah ketibang handphone yang fungsinya sekedar digunakan menelpon dan sms.

Karena kecerdasan Smartphone tersebut, Smartphone sangat banyak memakan daya dari baterai. Ponsel pintar yang baterai biasanya cuma bertahan satu hari dan kemudian kita harus mengisi baterainya kembali. Berbeda dengan handphone feature yang bisa bertahan seminggu dengan satu kali Charge penuh.

Terlebih lagi pemakaian Smartphone yang keseringan dan charge keseringan, bahkan nge-charge sambil memainkan handphone tersebut membuat baterai bekerja sangat keras, memakan baterai lebih banyak dan membuat ketahanan baterai menurun. Hal ini pula, penyebab baterai habis dengan cepat hingga cepat rusak.

Oke, cukup jelas bukan. Di bawah ini adalah poin-poin yang menjadi kebiasaan pengguna Smartphone yang harus cepat di berhentikan agar baterai smartphone kita tidak cepat rusak.

1. Berhenti Memakai Sembarang Charger

Pada dasarnya charger handphone pintar di buat sama atau seragam, dan memungkinkan pengguna menggunakan sembarang charger. Padahal sangat jelas bahwa setiap handphone berbeda spesifikasi baterainya. Misalkan Tablet memiliki ukuran ampere yang besar maka harus sesuai dengan charger yang digunakan, Sedangkan Smartphone yang ukuran biasa memiliki ampere yang sedang bahkan lebih kecil.

Permasalahannya menggunakan charger yang tidak sesuai dapat membuat performa ketahanan baterai menurun sedikit demi sedikit hingga akhirnya jebol dan rusak. Mulai dari sekarang berhenti menggunkanan sembarang charger dan gunakanlah original charger atau yang sesuai spesifikasi baterai anda.

2. Berhenti Nge-charger Berlebihan

Pada dasarnya, baterai mirip dengan manusia. Manusia jika tidur lebih lama atau berlebihan akan membuat badan bukan segar lagi tapi lemas dan malas ngapa-ngapain hingga aktivitas akan ditunda.

Baterai juga jika di cas terlalu lama atau berlebihan hingga baterai terisi penuh pun masih tetap di charger. Hal ini akan membuat baterai biasanya bengkak di kerenakan tidak dapat menahan daya lagi.
Menurut penelitian pengisian baterai yang baik adalah baterai yang di charge tidak sampai penuh 80-90-persen sudah bisa di cabut dan di charger ketika daya di bawah 40-persen. Tujuannya agar kulitas baterai tidak menurun alias terjaga kualitasnya.

Jadi, apa salahnya untuk menghentikan kebiasaan tersebut untuk menjaga baterai bisa di pakai tahan lama.

3. Berhenti Membiarkan Baterai Lama Kosong

Ketika Baterai kosong dan membiarkannya berlama-lama tidak di charger terlebi sangat buruk. Akibatnya akan membuat baterai tidak dapat menyerap daya ketika di charger alias baterai tidak dapat diisi kembali.

Hal ini di karenakan baterai yang tidur terlalu lama hingga sel dalam baterai benar-benar mati jika tidak dibangunkan dengan cepat.

Pada poin kedua di jelaskan baterai bisa terjaga kualitasnya dengan baik ketikan di charger saat daya berada di bawah 40-persen.

4. Berhenti Nge-Charge Dengan Power-Bank

Power-Bank biasanya kita bawa di gunakan sebagai penyelamat Smartphone yang baterainya sekarat atau  keperluan menggunakan untuk mengaktifkan handphone agar bisa digunakan menelpon. Tapi, beda dengan sekarang bahwa kebanyakan orang menggunakan PB untuk membuat agar smartphone tahan lama, yaitu dengan menggunakan PB saat baterai tidak dalam sekarat yang tujuannya memperlambat baterai berkurang.

Padahal hal itu salah, Power-Bank sama saja seperti menggunakan charger sembarangan yang tidak ukuran ampere-nya tidak sesuai dengan spesifikasi smartphone. Apalagi sekarang sudah beredar Power-Bank yang berkualitas rendah.

Cara Nge-Charger buruk yang lainnya, yaitu nge-charger smartphone di laptop dengan menggunakan kabel data atau USB. Menggunakan Laptop untuk nge-charge sangat tidak di anjurkan, dikarenakan daya yang di alirkan tidak stabil ke perangkat seluler yang biasanya akan membuat handphone bisa menyetrum ketika di sentuh.

Segera-lah hentikan kebiasaan buruk ini, agar baterai bisa bertahan lebih lama digunakan. Kan tidak baik baterai yang baru beberapa bulan digunakan lantas sudah rusak, Pastinya kita perlu mengeluarkan dana lagi untuk membeli baterai baru.

Sekian untuk artikel "Berhenti Nge-Cherge Smartphone Seperti Ini", Moga bermanfaat...

Post a Comment

1 Comments

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)